Hasil Batu Bata di Arca Ganesha Paling besar Dieng Papar Kenyataan Baru

Hasil Batu Bata di Arca Ganesha Paling besar Dieng Papar Kenyataan Baru
Jan 05 2020
admin

Hasil arca paling besar Ganesha di Dieng pun membuka kenyataan baru bab pemanfaatan batu bata di jaman kuno. Batu bata ini diketemukan berubah menjadi lapik sisi bawah arca Ganesha. Kepala UPT Pengurusan object wisata Dieng, Banjarnegara Aryadi Darwanto menuturkan, tidak cuman ukuran arca yang besar, pun ada kekhasan yang lain. Seperti ada motif batik teratai pada arca, serta ditemukannya batu bata dibawah lapik arca. ” Kala dilaksanakan penggalian ketika itu, saya menyaksikan seperti batu bata. Selanjutnya poker88 saya turut menggali buat meyakinkan, nyata-nyatanya benar itu yaitu batu bata, ” kata Aryadi kala dihubungi, Minggu (5/1/2020) .

Pria Lulusan Sarjana Arkeologi UGM ini mengatakan penemuan batu bata berubah menjadi hasil penting. Satu diantaranya tunjukkan apabila batu bata udah dipakai buat bangun sejak mulai sebelum Majapahit, mengingat Candi di Dieng sebagai candi paling tua di Jawa. ” Dengan ditemukannya batu bata ini mempunyai arti, penduduk sebelum Majapahit ini udah memakai batu bata, ” terangnya.

Baca juga : Daftar Smartphone Murah Dengan Spesifikasi Canggih

Kala penggalian ada dua batu bata yang diketemukan, akan tetapi satu batu bata pecah kala dilaksanakan penggalian. Aryadi mengatakan bentuk bata itu serupa dengan batu bata sekarang ini, cuma mempunyai ukuran lebih tebal serta tambah besar. ” Mempunyai bentuk sama seperti batu bata saat ini, cuma ukuran tambah besar serta lebih tebal. Saat ini batu bata udah disimpan di Museum Kaliasa, ” pungkasnya. Buat didapati, arca Ganesha ini diketemukan petani kentang di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo pada 27 Desember 2019 waktu lalu. Arca diketemukan kala petani itu tengah mencangkul kebun kentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *