Perkara Korupsi Jembatan Cisinga Tasikmalaya Lekas Disidangkan

Perkara Korupsi Jembatan Cisinga Tasikmalaya Lekas Disidangkan
Dec 15 2019
admin

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Ja-bar melimpahkan berkas masalah perkara pendapat korupsi project pembangunan jembatan Ciawi-Singaparna (Cisinga) . Perkara korupsi sejumlah Rp 4 M itu lekas disidang di pengadilan. Perkara ini sendiri mengambil waktu yang cukuplah lama. Perkara di mulai pencarian oleh jaksa pada November 2018. Pada April 2019, 5 orang udah diputuskan jadi terduga. Dari kelimanya, 3 orang sebagai petinggi di Pemkab Tasikmalaya serta dua orang yang lain sebagai faksi swasta.

Kelimanya ialah BA (Kepala Dinas PUPS Kabupaten Tasikmalaya) , RR (Petinggi Pelaksana Tekhnis Aktivitas) , MM (Petinggi tekhnis) , DS serta IP dari faksi swasta. Ya udah, kita udah terima pelimpahan berkas dari Kejati Ja-bar waktu hari Rabu tempo hari, ” ujar Panitera Muda Tipikor Yuniar kala dihubungi, Minggu (15/12/2019) . Dengan dilimpahkannya berkas masalah itu, perkara ini bakal lekas disidang. Akan tetapi, Yuniar belum dapat meyakinkan kapan waktu persidangan diselenggarakan.

Baca juga : Perang Dagang, China Boikot Software Amerika dan Gunakan Produk Lokal

Meski demikian, Pengadilan Tipikor Bandung udah memperlihatkan majelis hakim yang bakal pimpin jalannya persidangan. Ada tiga hakim ialah M Razad bertindak sebagai ketua majelis dengan dua anggota Dahmiwirda serta Jojo Jauhari. ” Paling terlambat 18 Desember udah sidang. Lantaran keputusannya gak bisa lebih dari tujuh hari seusai berkas masuk, ” pungkasnya. Perkara itu diselesaikan Kejati Ja-bar berdasar pada pengaduan penduduk. Kejati pun udah merazia kantor Dinas Pekerjaan Biasa serta Perumahan Rakyat (PUPR) pada November 2018.

Ia memperjelas perkara itu berlangsung pada tahun 2017. Pemkab Tasikmalaya melaksanakan pembangunan jembatan di Jalan Cisinga Kabupaten Tasikmalaya dengan nilai biaya Rp 25 miliar. Dalam perjalanannya, pelaksanaan jembatan itu gak sesuai sama fitur. Dikira ada mark up cost dan pekerjaan di subkontrak terhadap perusahaan lain yang tidak pas peraturan. Proses dari pengumpulan bukti-bukti serta diagnosis pakar, diraih kenyataan kalau ada perbedaan nominal biaya sebesar Rp 4 miliar lebih. Nilai itu termasuk juga kerugian negara atas perkara ini.

2 Replies to “Perkara Korupsi Jembatan Cisinga Tasikmalaya Lekas Disidangkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *